Headlines News :
Home » » Siput Gonggong dari Batam dan Tanjung Pinang

Siput Gonggong dari Batam dan Tanjung Pinang

Written By John Singai on Senin, 04 Juni 2012 | 10.17



           
GONGGONG. Pertama kali aku dengar kata-kata itu, rasanya aneh kalau itu adalah nama makanan. Tapi kata orang-orang yang sudah memakannya, rasanya bener-bener yahud…Beberapa waktu yang lalu, waktu aku ada kesempatan pergi ke Batam dan Tanjung Pinang Kepulauan Riau, aku sempatkan waktu untuk mencari makanan ini. Hmm ternyata, setelah merasakan sendiri masakan ini, rasanya memang bener-bener yahud…
          
Gonggong (Strombus canarium (ganus)) adalah sejenis siput laut yang banyak ditemukan di daerah Batam dan Tanjung Pinang. Setiap restoran seafood atau akau (tempat makan terbuka yang banyak di jumpai di daerah ini) selalu menyajikan masakan ini sebagai menu pembuka.

          
Cara memasak gonggong ini biasanya hanya direbus dengan menggunakan garam dan jahe (untuk menghilangkan amisnya), dan dimakan dengan sambal. Sambal ini ada bermacam-macam tergantung selera atau tempat jualnya. Ada yang berupa sambal kacang, sambal tauco atau sambal kecap. 

Yang unik makanan ini adalah cara makannya. Pada waktu penyajiannya, masakan ini selalu disertakan tusuk gigi. Kegunaan dari tusuk gigi ini bukan setelah makan, tapi justru sebelumnya, karena daging gonggong ini harus ditusuk dengan tusuk gigi dengan tepat,melalui celahnya yang kecil,  lalu menariknya keluar dari cangkang dengan hati-hati. Kalau kamu salah menariknya, akan terputus dan akan susah mengoreknya lagi. Gonggong yang sudah berhasil dikeluarkan dari cangkangnya ini sebelum dimakan, dicelupkan dulu ke sambal, baru dimakan. Rasanya…?….hmm susah di lukiskan dengan kata-kata.

gonggong2_1.jpg

gonggong3.jpg
Jadi, jangan lupa, ya…..kalau kebetulan bisa berkunjung ke Batam dan Tanjung Pinang Kepulauan Riau ini…makanan ini adalah salah satu yang tidak boleh di lewatkan.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Boedak Begajol | Melayu Tolen | HC Pakning
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Budaya Bangsa - All Rights Reserved
Belanja Online Toko Ziyah Butik Zyhan Busana Muslim