Headlines News :
Home » » Batik Melayu Bernama Ikan Tamban

Batik Melayu Bernama Ikan Tamban

Written By John Singai on Kamis, 18 Oktober 2012 | 10.23



Bicara tentang Motif batik, INSPIRASI-nya bisa dari mana saja. Biasanya motif motif batik selalu mempunyai arti dan filosofi tertentu. Mendesain Motif Batik Baru, biasanya dilakukan dengan menggali budaya setempat, dan biasanya bertujuan untuk lebih menunjukkan kekhasan daerah tersebut. Dan kali ini adalah tentang batik bermotif IKAN TAMBAN, batik daerah Melayu, khususnya Melayu Kepulauan Riau.
Ikan tamban (Hilsa Keele) merupakan ikan yang sangat terkenal di Kepulauan Riau khususnya di kawasan Kabupaten Lingga dan sekitarnya. Ikan ini  sangat digemari oleh masyrakat.  Makna filosofis dari ikan ini adalah kebersamaan dan kesederhanaan dalam hidup bermasyarakat, tidak mengenal kelas sosial dan menjadi kesukaan orang banyak. 

 


Ikan tamban masuk ke jala
Dibawa pulang untuk di masak
Jaga eratkan sanak saudara
Saling bantu janganlah tidak
Orang mencari si Ikan Tamban
Buat dimasak asam pedas
Baik selalu jaga perbuatan
Tali persaudaraan tak akan lepas
Gelombang dan arus laut digambarkan secara dekoratif dengan perbedaan warna kontras pada motif. Gelombang dan arus laut ini menggambarkan kehidupan bermasyarakat yang selalu ada masalah dan  harus dapat selalu dihadapi dengan kesabaran.
Motif  Ikan Tamban ini memiliki makna kebersamaan dalam suka dan duka. Ibarat ikan tamban yang menjalani hidup bersama dan juga siap untuk menghadapi gelombang bersama pula, baik itu gelombang kecil maupun gelombang besar.
Hidup bagaikan si ikan tamban
Kemana pergi selalu bersama
Hidup takkan jadi beban
Ditanggung bersama suka dan duka
Hidup bagai ikan di laut
Tahu arus pasang dan surut
Hidup di dunia tak boleh hanyut
Kepada Tuhan tempat menurut
Bila hidup laksana laut
Tempat sungai pergi bermuara
Hadapi masalah tak boleh kalut
Berlaku mulia pegang agama

Catt:
Orang Melayu pada umumnya, Melayu Riau dan kepulauan Riau khususnya, sangat menggemari pantun. Pantun tidak hanya menjadi tradisi lisan yang bersifat hiburan, tetapi sebenarnya juga merupakan media untuk menyampaikan pesan-pesan moral dan tunjuk ajar, dengan demikian akan lebih cepat menyimak dan mengingatnya sehingga lebih mudah pula mewariskannya.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Boedak Begajol | Melayu Tolen | HC Pakning
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Budaya Bangsa - All Rights Reserved
Belanja Online Toko Ziyah Butik Zyhan Busana Muslim