Headlines News :
Home » » Batik Melayu Kerang & Gonggong Bersiku keluang

Batik Melayu Kerang & Gonggong Bersiku keluang

Written By John Singai on Kamis, 18 Oktober 2012 | 10.15




Mendesain motif batik, memang inspirasinya bisa dari mana saja. Kali ini masih tentang batik khas Melayu, dan menyambung artikel terdahulu, gonggong masih bisa menjadi inspirasinya. Kali ini tentang Motif batik bernama ” Kerang dan Gonggong  bersiku keluang”. 
 
Desain dari motif ini terdiri dari motif gonggong yang disusun berbentuk bunga, dan juga motif kerang yang disusun sama. Sedangkan motif pinggirangnya, motif kerang-kerangan yang disusun berlilit ganggang.  Ide desain dari motif ini adalah tentang kerang, gonggong dan ganggang, yang semuanya merupakan makhluk hidup di lautan, yang di susun serasi dan indah dan mengandung makna tertentu yang diharapkan dapat diingat dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.
 
Makna yang terkandung dari desain ini adalah, bahwa di dalam kehidupan sehari-hari disebuah daerah atau pemerintahan, walaupun warganya terdiri dari bermacam-macam golongan (dalam hal ini dilambangkan dengan kerang gonggong dan ganggang), asalkan segala sesuatunya selalu di rencanakan dan diatur sesuai kesepakatan bersama, pastilah akan membawa kemakmuran dan kedamaian.
 
Gonggong bersilang Kerang berkuntum
Bersusun Siku Keluang banji
Duduk bersanding sesama maklum
Sepakat kata membangun negeri
 
Susunan kerang dan gonggong yang berbentuk bunga juga melambangkan keindahan kegembiraan, yang bisa dilakukan bersama-sama. Sedangkan susunan nya yang bersiku-siku, yang menurut corak melayu disebut “siku keluang “  yang artinya kurang lebih seperti sudut-sudut sayap kelelawar, melambangkan nilai Tanggung Jawab yang harus selalu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.
 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Boedak Begajol | Melayu Tolen | HC Pakning
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Budaya Bangsa - All Rights Reserved
Belanja Online Toko Ziyah Butik Zyhan Busana Muslim